Wisatahati Business School

Going Concern

Untuk Sahabat yang sudah memiliki usaha dan sedang berjalan, alangkah baiknya jika memahami salah satu hal yang dibutuhkan untuk mempertahankan bisnis, yaitu memahami tentang Going Concern. Going Concern adalah kondisi dimana eksistensi bisnis yang sudah dibangun, terus terjaga dan berjalan dalam jangka waktu yang panjang, sehingga tidak menjadi usaha yang berhenti di tengah jalan.

Tentu semua pengusaha menginginkan usaha yang dimilikinya terus berjalan dan semakin berkembang. Biasanya, strategi yang pertama kali terpikir untuk dilakukan adalah ekspansi pasar. Memperluas wilayah dsitribusi usaha dan menambah jumlah target konsumen. Namun demikian, sebenarnya ada hal yang lebih penting jika menginginkan usaha terus bertahan. Jika usaha kita diibaratkan rumah, maka tentu saja diperlukan pagar untuk menjaganya agar tetap berdiri. Pagar tersebut terdiri dari dua layer.

Layer pertama adalah Trilogi Penjagaan yang terdiri dari prinsip Ash Shobiriina, Ash Shodiqiina, dan Al QonitiinaAsh Shobiriinaadalah bersabar dalam menjalankan amal ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT, menahan diri dari perbuatan maksiat, serta sabar dalam mengelola hawa nafsu. Menjalankan prinsip Ash Shobiriina akan bermuara pada prinsip “Allah dulu, Allah lagi, Allah terus”. Allah akan selalu menjadi prioritas utama dalam kehidupan kita. Berikutnya adalah prinsip Ash Shodiqiina, sebuah prinsip yang mengajarkan bahwa menjadi pengusaha haruslah berhati-hati, harus selalu berbuat benar, harus selalu berkata jujur, dan harus selalu menjadi seseorang terpercaya.

kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang, (yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dipenuhi, dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi. _QS. Al-Muthaffifin: 1-3_

Maka, jadilah seorang pengusaha yang selalu jujur dan menghindari segala bentuk kecurangan.

Al Qonitiina adalah taat kepada Allah. Menegakkan ibadah wajib dan menghidupkan amalan sunnah. Shalat wajib lima waktu janganlah tertinggal. Iringi juga dengan amalan sunnah utama seperti shalat Dhuha, shalat Tahajjud, dan bersedekah.

Ash Shobiriina, Ash Shodiqiina, dan Al Qonitiina yang kita jalankan, insya Allah akan menjaga perjalanan bisnis yang kita miliki. Bisa jadi sebuah bisnis hancur bukan karena kalah dalam persaingan,  namun bisa jadi hancur karena kealfaan untuk taat kepada Allah SWT, tidak bersabar, dan keluar dari rel dalam menjalankan bisnis.

Layer kedua dari pagar usaha kita adalah inovasi. Saat ini adalah masa dimana informasi berjalan sangat cepat. Maka,repositioning produk adalah jawabannya. Evaluasi secara berkala produk usaha kita dan lakukan repositioning yang sesuai dengna kondisi saat itu. Berinovasi! Kreativitas adalah basis utama dalam menjalankan inovasi. Asah terus kreativitas yang kita miliki.

Insya Allah dengan menjalankan Trilogi Penjagaan dan inovasi, usaha yang dimiliki Sahabat semua akan terus berjalan, bertahan, dan teriringi berkah dari Allah SWT.

26 September 2013

1 Responses on Going Concern"

  1. siti zuchanah says:

    ALLAH akan memberikan kepada umatnya jika umatnya selalu mentaati perintah-NYA

Leave a Message

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Apa Itu WHBS?

Wisatahati Business School (WHBS) adalah sekolah bisnis online yang bisa diikuti oleh semua orang. Dengan konsep e-learning, anda bisa belajar dimana saja dan kapan saja.

Mulai Sekarang!

Berbagi Ilmu

Menjadi Pengajar

Who’s Online

There are no users currently online

Kontak

Graha Sentosa
Jl. Sentosa Raya No. 3C
Mekarjaya Sukmajaya
Kota Depok 16411

081282750060
24EEAD1F
info@whbs.or.id

Media Sosial




top
© Wisatahati Business School (WHBS). All rights reserved.